Kata deadline atau tenggat waktu adalah salah satu kata yang paling menyeramkan, baik itu bagi yang masih pelajar maupun yang sudah bekerja. Seringkali, deadline yang diberikan tidak masuk akal sehingga kita mau tidak mau bekerja untuk mengejar deadline yang mepet.

Jika tidak memenuhi deadline, ada ancaman yang menunggu. Untuk yang sedang belajar, tugasmu bisa tidak diberikan nilai. Untuk yang sudah bekerja, gajimu akan terancam. Atau yang lebih parah lagi, kariermu yang bisa terancam alias kamu akan dipecat.

Tips Mengejar Deadline Tepat Waktu

Bagaimana caranya bisa tetap memenuhi tugas dengan deadline yang mepet? Berikut adalah tips untuk kamu yang sedang dikejar deadline:

1. Buat strategi dan timeline untuk menyelesaikan tugas tepat waktu

Ketika menghadapi deadline yang mepet, kamu butuh memikirkan strategi dan membuat timeline untuk mengerjakannya. Selain agar lebih terstruktur, kamu jadi lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

2. Fokus untuk menjalankan pekerjaan sesuai timeline

Setelah membuat timeline, fokus untuk menjalankan tugasmu sesuai jadwal yang kamu buat. Hindari hal-hal yang bisa mendistraksimu dalam menyelesaikan tugas, seperti media sosial, ajakan hangout teman, dan yang lainnya.

3. Minta bantuan orang-orang yang kamu percaya

Jika kamu kewalahan, jangan sungkan untuk meminta bantuan teman atau mendelegasikan pekerjaan ke rekan kerja yang kamu percaya! Sesedikit apapun bantuan mereka, pastinya bisa membuat pekerjaan kamu lebih ringan.

4. Lakukan sekarang, jangan ditunda-tunda

Sudah deadline-nya mepet, jangan menunda pekerjaan! Segera selesaikan tugasmu agar bisa selesai tepat waktu. Bahkan jika bisa selesai lebih cepat, kamu bisa mempunyai waktu ekstra untuk beristirahat.

5. Tetap tenang dalam mengerjakan tugas

Meski dikejar deadline, jangan panik dan tetap tenang. Jika panik, kamu tidak akan bisa berpikir jernih dan emosi menjadi tidak stabil. Bahkan, kamu bisa mengacaukan semua rencana yang sudah kamu buat di awal.

Belajar Cara Mengejar Deadline ala Dufei dari Novel “Boyband”

Kamu bisa juga mencontoh cara Dufei menyelesaikan tugas tepat waktu dalam novel “Boyband” karya Felis Linanda. Dufei adalah seorang manajer boyband di agensi bernama The One Management di Taipei, Taiwan. Ia ditugaskan untuk mengelola boyband yang baru akan debut. Namun sialnya, 2 dari 5 personel terkena skandal pemukulan di salah satu kelab malam yang membuat kedua personel tersebut dipecat.

Kejadian tersebut membuat Dufei resah. Pasalnya, boyband tersebut akan debut 3 minggu lagi dan ia harus menemukan pengganti personel dalam waktu 2 minggu. Jika tidak berhasil, ia diancam akan dipecat juga. Bagaimana cara Dufei menghadapi deadline ini?

Penulis dari novel ini, Felis Linanda, adalah salah satu pemenang dari The Writers’ Show 2020. Setelah menjadi pemenang, Felis berkesempatan untuk menerbitkan naskahnya menjadi novel bersama Grasindo. Kamu bisa memesan novel “Boyband” di Gramedia terdekat dan mengakses e-book-nya di Gramedia Digital.

The Writers’ Show (TWS) adalah kompetisi menulis novel, kumpulan cerpen, dan kumpulan puisi di mana pesertanya dipilih melalui seleksi naskah yang dikirimkan. Para peserta yang terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk mentoring bersama editor profesional penerbit Gramedia group. Jika memenangkan kompetisi, naskah peserta akan diterbitkan oleh penerbit Gramedia group secara cetak dan digital.

Ketinggalan TWS tahun lalu? Tenang saja, TWS akan kembali lagi di tahun 2021. Ikuti terus Instagram @gwp.id untuk tahu detail selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.