Oleh: Noni Pahmi, Editor Rekata 

Ada banyak istilah-istilah yang dipakai dalam novel fantasi Cina yang mungkin membingungkan bagi kalian yang baru pertama kali membacanya. Mulai dari kosmologi, makhluk gaib, dan bela diri. Kali ini, kita akan membahas tentang dunia kultivasi dan istilah ramuan yang biasa dipakai dalam novel fantasi Cina.

Dunia Kultivasi

Kultivasi umumnya dekat dengan dunia agrikultur yang berarti proses mempersiapkan tanah untuk membudidayakan tanaman. Namun, hal ini berbeda dalam konteks mitologi Cina. Berikut penjelasannya.

  1. Cultivation – sebuah proses meningkatkan kesehatan, memperpanjang umur, dan bertambah kuat. Kultivasi biasanya dicapai dengan mengolah Qi atau tenaga dalam dan latihan seni bela diri & mistik. Dalam banyak novel kultivasi, tujuan akhir dari kultivasi adalah menjadi Dewa atau mencapai keilahian.
  2. Cultivation Method – Latihan untuk mengolah dan menyeimbangkan Qi atau kumpulan teknik yang dipraktikkan oleh para cultivator untuk dikultivasikan. 
  3. Cultivation Base – Jumlah dan kapasitas Qi murni yang dimiliki oleh seorang cultivator.
  4. Manual – sebuah buku yang berisi instruksi rinci tentang pelatihan dalam metode kultivasi atau gaya seni bela diri klan atau perguruan tertentu. Biasanya dianggap sangat berharga dan karenanya dirahasiakan (atau setidaknya, tidak tersedia untuk umum). Nama lain dari Manual adalah Sutra dan Kitab Suci.
  5. Spiritual Roots – disebut juga dengan Akar dari Kehidupan. Secara kiasan, juga berarti pondasi tubuh dan jiwa seseorang. Kultivasi biasanya membutuhkan beberapa tingkat minimum bakat bawaan, sehingga seseorang dengan konstitusi tubuh yang buruk mungkin akan berpikir ulang untuk berlatih kultivasi, karena membutuhkan waktu yang lebih lama dari orang yang memiliki bakat bawaan.

Dalam beberapa novel, kualitas Akar Spiritual seseorang dapat diuji untuk menentukan apakah mereka memiliki bakat yang dibutuhkan untuk berkultivasi. Individu langka bahkan mungkin memiliki Akar Spiritual khusus yang memungkinkan mereka untuk berkultivasi dengan cepat atau memberi mereka manfaat lain.

  1. Dantian – secara harfiah diterjemahkan sebagai “Lautan Qi” atau “Eliksir”. Dantian mengacu pada wilayah pada dimana Qi seseorang terkonsentrasi. Secara teknis ada tiga Dantian, tetapi novel kultivasi biasanya menyederhanakan konsep dan hanya menggunakan dantian bawah (terletak selebar tiga jari di bawah dan dua jari di belakang pusar).
  2. Meridians – jaringan pembuluh/saluran dalam tubuh yang dilalui aliran Qi. Jaringan ini seperti pembuluh darah, tetapi untuk Qi, bukan darah.
  • Eight Extraordinary Meridians – bertindak sebagai reservoir atau jalur untuk sirkulasi Qi. Dari Delapan Meridian Luar Biasa, Pembuluh Pengatur dan Pembuluh Konsepsi paling sering disebutkan dalam novel-novel ini. Pembuluh Pengatur berjalan dari Dantian (di perut bagian bawah) di sepanjang tulang belakang ke kepala. Pembuluh Konsepsi berjalan dari Dantian ke bagian depan tubuh ke kepala, di mana ia terhubung dengan Pembuluh Pengatur untuk membentuk sirkuit yang lengkap.
  • Twelve Principal Meridians (Dua Belas Meridian Utama) – meridian yang berhubungan dengan organ dalam.
  • Acupoints – yaitu titik akupuntur, terkait dengan titik tekanan. Dalam tubuh ada beberapa ratus titik akupuntur dan sebagian besar terletak di sepanjang meridian. Pengetahuan tentang titik akupuntur dapat digunakan dalam penyembuhan (melalui akupunktur atau praktik serupa) atau dalam pertempuran, dengan sengaja memukulnya untuk mencapai efek tertentu
  1. Qi Circulation – tindakan mengontrol Qi yang mengalir dari Dantian, melalui meridian, dan kembali ke Dantian dalam satu siklus. Tujuan dari Sirkulasi Qi bervariasi dalam novel kultivasi, tetapi biasanya membantu mengisi kembali stamina, memurnikan Qi, atau memperkuat meridian.
  2. Breathing Exercises – Latihan pernapasan dalam novel kultivasi adalah cara khusus bernafas yang mengeluarkan Qi yang keruh dari dalam tubuh dan menarik masuk Qi dari alam.
  3. Meditasi – latihan untuk melatih atau menenangkan pikiran dan jiwa. Para cultivator menghabiskan banyak waktu dalam meditasi, karena kultivasi Qi dan perenungan wawasan umumnya membutuhkan meditasi.
  • Lotus Position – duduk dalam posisi meditasi bersila.
  • Closed-door Training – juga disebut Meditasi Pintu Tertutup atau Kultivasi Pintu Tertutup. Pelatihan yang dilakukan dalam pengasingan, biasanya untuk fokus pada pemecahan hambatan dalam latihan kultivasi atau untuk menghindari terganggu dari serangan lawan pada saat maju ke tahap kultivasi yang lebih tinggi, dan dapat berakibat luka dalam.
  1. Insight – terkait dengan pencerahan. Cultivators biasanya mendapatkan insight dengan bermeditasi, terlibat dalam pertempuran hidup atau mati, atau menjelajahi dunia untuk mengalami hal-hal baru. Insight ini diperlukan untuk menguasai teknik atau maju ke tahap kultivasi yang lebih tinggi.
  2. Internal Demons – secara harfiah diterjemahkan sebagai “Iblis Hati”. Daripada bentuk iblis pada umumnya, Internal Demons adalah emosi negatif praktisi dan hambatan mental lainnya yang menghalangi pelatihan/kultivasi mereka. Internal Demons, dalam beberapa kasus, bahkan dapat menyerang cultivators dari dalam, dan kegagalan dalam melawan Internal Demons secara memadai dapat mengakibatkan Qi Deviation.
  3. Qi Deviation – juga dikenal sebagai Penyimpangan Qigong. Secara harfiah diterjemahkan sebagai “terbakar dan dimasuki [kerasukan] setan”. Suatu keadaan di mana basis kultivasi menjadi sangat tidak stabil, menyebabkan kerusakan internal pada tubuh dan gejala psikosis. Para cultivator yang menyerah pada Internal Demons mereka, yang berlatih kultivasi/seni bela diri secara tidak benar, atau yang dengan gegabah menggunakan seni terlarang semuanya berisiko mengalami keadaan ini.
  4. Bottleneck – istilah ketika cultivator secara kiasan menabrak dinding dalam pelatihan mereka dan tiba-tiba menjadi sangat sulit untuk melanjutkan latihan ke tahap selanjutnya. Ketika para cultivator mencapai hambatan dalam latihan, mereka mungkin memerlukan Insight baru, bantuan obat, atau bahkan pelatihan yang lebih keras untuk membuat Terobosan (Breakthrough) dan berhasil melewati hambatan untuk melaju ke tingkat kultivasi yang lebih tinggi.
  5. Impurities – biasanya digambarkan sebagai zat hitam berbau yang dikeluarkan dari kulit seorang cultivator ketika mereka mencapai tahap kultivasi baru atau mengkonsumsi pil obat khusus. Kotoran ini biasanya hasil tubuh saat mensucikan diri dan membuang zat tidak berguna.
  6. Ranks / Levels / Layers – cara umum untuk mengukur kekuatan bela diri atau kemajuan yang dicapai dalam kultivasi. Dalam banyak kasus (walaupun tidak semua) di mana ini digunakan, ada 9 peringkat/level/lapisan untuk setiap tahap kultivasi, dengan peringkat 1 sebagai awal dan peringkat 9 sebagai puncak. Setelah menembus ke tahap berikutnya, cultivator mulai dari peringkat 1 tahap baru tersebut. Level “9” sejajar dengan Nine Heavens (Sembilan Surga), dan memiliki simbolisme lainnya.
  7. Houtian & Xiantian – nama dua tahap kultivasi yang muncul dalam beberapa novel, dengan tahap Houtian mendahului tahap Xiantian. Houtian bisa berarti Post Celestial, sedangkan Xiantian berarti Pre Celestial. Secara kasar, idenya adalah bahwa sesuatu yang bersifat “Xiantian” adalah primordial dan dengan demikian dekat dengan ilmu Taoisme, sementara sesuatu yang bersifat “Houtian” terdegradasi atau lebih jauh dari ilmu Taoisme
  8. Qi Condensation – juga dikenal sebagai Pemurnian Qi atau Pengumpulan Qi, yaitu tahap awal kultivasi yang melibatkan penyerapan Qi dari alam dan menyempurnakannya di dalam tubuh.
  9. Foundation Establishment – juga dikenal sebagai Pembangunan Dasar, yaitu tahap setelah Qi Condensation. Setelah Qi seorang cultivator melewati ambang batas tertentu (dalam volume dan/atau kepadatan Qi), mereka akan dapat menembus tahap ini.
  10. Core Formation – kadang-kadang tetap diterjemahkan sebagai Core Formation. Tahap ini terjadi setelah Foundation Establishment, meliputi pembentukan Gold Core dengan menggunakan Dantian sebagai wadah dan Cultivation Base sebagai bahan baku.
  11. Nascent Soul – Secara harfiah Nascent Soul diterjemahkan sebagai “Bayi yang Merupakan Asal Mula Kehidupan”. Tahap ini terjadi setelah Core Formation (dalam beberapa novel). Nascent Soul menyerupai bayi atau orang mini dan berada dalam Dantian, biasanya mereka duduk dalam posisi meditasi. Dalam beberapa novel, Nascent Soul dapat melakukan perjalanan ke luar tubuh dan seperti kehidupan kedua bagi para cultivator – jika tubuh utama mereka mati, kesadaran mereka dapat terus berada dalam Nascent Soul ini.
  12. Immortal Ascension – tahap di mana cultivator menjadi Taois Abadi. Ada banyak perbedaan antara novel yang satu dan yang lainnya, tetapi biasanya kultivasi / pematangan Gold Core atau Nascent Soul memainkan peran kunci saat seorang cultivator naik ke Keabadian.

Istilah ramuan

Selain kultivasi, Cina juga terkenal dengan ramuan-ramuan khasnya. Resep ramuan obat tersebut sudah diturunkan beribu tahun lamanya dari leluhur mereka. Istilah dari ramuan-ramuan ini juga bisa kamu temukan di novel fantasi Cina. Simak penjelasannya berikut.

  1. Alchemy – pemurnian tanaman, mineral, dan zat lain menjadi pil & ramuan obat. Dalam novel-novel ini, Alkemis pada dasarnya adalah apoteker yang bekerja dengan bahan magis dan membuat obat ajaib.
  2. Cauldrons & Pill Furnaces – alat yang digunakan para alkemis untuk memproduksi pil & ramuan obat.
  3. Medicinal Pills & Elixirs – obat ajaib yang dapat memiliki segala macam efek. Fungsi dari obat ini adalah untuk meningkatkan kultivasi, menyembuhkan luka, menyembuhkan racun, menyucikan atau menguatkan tubuh, dan masih banyak lagi.
  4. Medicinal Plants / Herbs – istilah umum untuk semua jenis tanaman yang dapat digunakan oleh para alkemis untuk membuat racun, pil obat & ramuan.Tanaman obat yang lebih tua (berusia 100 tahun, 1000 tahun, dll…) umumnya dianggap lebih manjur. Ginseng & Jamur Lingzhi cukup sering muncul dalam novel-novel ini, di mana mereka diklaim memiliki kualitas obat yang luar biasa.
  5. Spiritual Plants / Herbs – juga disebut Rumput Roh. Tanaman ajaib yang telah menyerap energi spiritual dari alam dan sangat dicari oleh para cultivator dan alkemis. Biasanya dimakan untuk menyerap energi spiritual yang dikandungnya atau disempurnakan menjadi obat-obatan roh.

Simak Istilah-Istilah Novel Cina (Bagian 4) di sini. Baca juga Bagian 1 dan Bagian 2

Yuk, Tulis Naskah Novelmu di GWP!

Tertarik untuk menulis novel fantasi atau sejarah? Kamu bisa menuliskan naskahmu di gwp.id, sebuah platform menulis online dari Gramedia Writing Project. Dengan menulis di GWP, kamu naskahmu berkesempatan untuk dibaca ribuan anggota GWP dan diterbitkan oleh penerbit-penerbit Gramedia. Menarik, kan? Ayo, langsung tuliskan naskahmu di GWP!

Leave a Reply

Your email address will not be published.