Oleh: Noni Pahmi Editor Rekata 

Novel dari setiap negara memiliki keunikannya tersendiri, termasuk novel dari Cina. Salah satu genre novel Cina yang terkenal adalah fantasi. Sebagai negara dengan sejarah dan mitologi yang kuat, tentunya Cina memiliki kekuatan untuk mengangkat hal ini dalam sebuah novel.

Kalau kamu pembaca pemula novel Cina, kamu mungkin akan sedikit kebingungan karena ada banyak istilah dalam novel fantasi Cina yang perlu kamu ketahui. Istilah-istilah ini perlu dipahami agar kamu bisa mengerti jalan ceritanya dengan baik.

Apa itu Wuxia, Xianxia, dan Xuanhuan?

Genre fantasi ini dibagi lagi menjadi 3 kategori, yaitu Wuxia, Xianxia, dan Xuanhuan. Pengkategorian ini didasarkan oleh tema dan karakter dari cerita. Simak perbedaan ketiga kategori novel fantasi Cina di bawah ini!

1. Wuxia

Secara harfiah, Wuxia berarti “Martial Heroes / Pahlawan Bela Diri. Kategori ini merupakan cerita fiksi tentang manusia biasa yang dapat mencapai kemampuan bertarung supernatural melalui pelatihan seni bela diri Tiongkok dan kultivasi energi internal. Tema cerita biasanya berkisar pada kesatria, tragedi, balas dendam, & romansa.

2. Xianxia

Secara harfiah, Xianxia berarti “Immortal Heroes / Pahlawan Abadi. Cerita fiksi ini menampilkan sihir, setan, hantu, makhluk abadi, dan banyak cerita rakyat atau mitologi Tiongkok. Sang protagonis (biasanya) berusaha mencapai keabadian, mencari kehidupan kekal, dan puncak kekuatan. Xianxia sangat terinspirasi oleh ajaran Taoisme.

3. Xuanhuan

Secara harfiah, Xuanhuan berarti “Mysterious Fantasy / Fantasi Misterius. Genre cerita fiksi ini luas, menggabungkan kembali cerita rakyat/mitologi Tiongkok dengan elemen & latar asing.

Novel Xuanhuan dan Xianxia terkadang tampak serupa di permukaan. Namun, keberadaan unsur-unsur ajaran Tao (Dao, Yin dan Yang, Dewa, dll) menjadi pembeda yang menonjol dari novel Xianxia. Jika tidak ada, maka novel tersebut bisa jadi adalah novel Xuanhuan.

Kosmologi, Semesta dan Kepercayaan Masyarakat Cina

Novel fantasi Cina juga erat dengan kosmologinya, yaitu semesta yang dipercayai oleh kebanyakan masyarakat Cina. Mereka mempercayai adanya alam lain selain bumi, reinkarnasi, karma, dan juga Yin dan Yang. Berikut istilah kosmologi yang kerap ada di novel fantasi Cina:

1. The Three Realms

Semesta ini dibagi menjadi Alam Surga (The Heavens) dan Alam Bumi (The Mortal Realm), dengan Alam Fana (The Earth) di antaranya. Istilah ini pada akhirnya berasal dari Tiga Alam (the Three Realms ) Hindu & Budha, tetapi novel ini menggunakannya untuk merujuk pada:

  • The Heavens (天 tiān) – di mana Jade Emperor / Kaisar Langit memerintah sebagai kepala Celestial Court / Pengadilan Surga. Surga diperkirakan terbagi menjadi 9 lapisan, oleh karena itu “Nine Heavens” (九天) / Sembilan Surga  yang kadang-kadang disebutkan dalam novel ini. Karakter dalam beberapa novel memberontak melawan Surga untuk mengubah nasib mereka atau membalas dendam atas kesalahan yang dirasakan. Kultivasi abadi sering (meskipun tidak selalu) dikatakan bertentangan dengan Kehendak Surga.
  • The Mortal Realm (人界 rénjiè) (人间 rénjiān) – juga disebut dunia manusia, yang menjadi latar dari sebagian besar novel ini, meskipun beberapa kemudian bercabang untuk menjelajahi alam lain.
  • The Earth (地 dì) – berisi Dunia Kematian / Underworld (地狱 dìyù) di kedalamannya. Underworld dikenal juga dengan nama the Netherworld (冥界 míngjiè) / Neraka or the Yellow Springs (黄泉 huángquán) / Dunia Kegelapan.

2. Six Paths of Reincarnation 

Dalam siklus reinkarnasi / reincarnation, dimungkinkan untuk terlahir kembali sebagai [1] Deva / Dewa, [2] Asura, [3] Manusia, [4] Hewan, [5] Hungry Ghost or [6] Makhluk yang Tersiksa di neraka / Hell.

  • Catatan: Dewa & Asura terlahir kembali di Alam Surga, Manusia & Hewan terlahir kembali di Alam Fana, dan Hantu Lapar & Makhluk Neraka terlahir kembali di Alam Bumi.

3. Karma

Pahala atau kerugian kosmis yang terakumulasi sepanjang hidup seseorang berdasarkan perbuatannya, menentukan jenis reinkarnasi (dari Enam Jalan) yang akan mereka alami di kehidupan berikutnya. Beberapa novel mengembangkan konsep ini dan memiliki Karma yang mempengaruhi bahkan kehidupan sehari-hari karakter atau mengikat karakter tertentu bersama melalui ikatan / hubungan karma.

4. Dao 

Asal dan sumber segala sesuatu. Ini dapat diterjemahkan sebagai cara, jalan, atau metode. Menurut ilmu Taoisme, itu adalah prinsip mutlak yang mendasari alam semesta, menggabungkan di dalam dirinya prinsip Yin dan Yang dan menentukan cara, atau kode perilaku, yang selaras dengan tatanan alam. Dalam novel-novel ini, karakter sering mencoba mendapatkan wawasan tentang Taoisme, yang dapat memberi mereka kekuatan supernatural atau bahkan kendali atas alam. 

5. Yin & Yang

Dualitas hadir di semua aspek alam semesta. Misalnya: Yin adalah Wanita/Lembut/Kematian/Gelap/Bulan, sedangkan Yang adalah Pria/Keras/Hidup/Terang/Matahari. Perbandingan keduanya tidak terbatas. Yin & Yang menggambarkan bagaimana kekuatan berlawanan atau berkebalikan sebenarnya saling melengkapi, berhubungan, dan bergantung di dunia, dan bagaimana mereka saling memunculkan satu sama lain.

6. Five Elements

Wood (木 mù) / Kayu, Fire (火 huǒ) / Api, Earth (土 tǔ) / Tanah, Metal (金 jīn) / Logam, dan Water (水 shuǐ) / Air adalah unsur fundamental yang menyusun segala sesuatu di alam semesta. Mereka memiliki hubungan siklik yang terperinci, dan masing-masing memiliki beberapa arti simbolis. Five Elements juga agak dianalogikan dengan Empat Elemen Barat/Western Four Elements.

7. Qi 

Energi vital yang ada dalam segala hal. Kultivasi Qi adalah tema utama dalam novel Wuxia, Xianxia & Xuanhuan. Qi terkadang ditulis sebagai “Ki” atau “Chi”. Ini dapat diterjemahkan dengan berbagai cara, termasuk Nafas / Nafas Vital / Pneuma / Energi Vital / Energi Spiritual. (dll.)

Spiritual Energy of Heaven and Earth (天地之气 tiāndì zhī qì) / Energi Spiritual Langit dan Bumi – energi alami di dunia.

Simak Istilah-Istilah Novel Cina (Bagian 2) di sini.

Yuk, Tulis Naskah Novelmu di GWP!

Tertarik untuk menulis novel fantasi atau sejarah? Kamu bisa menuliskan naskahmu di gwp.id, sebuah platform menulis online dari Gramedia Writing Project. Dengan menulis di GWP, kamu naskahmu berkesempatan untuk dibaca ribuan anggota GWP dan diterbitkan oleh penerbit-penerbit Gramedia. Menarik, kan? Ayo, langsung tuliskan naskahmu di GWP!

Sumber: berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.