Sebagai manusia yang tumbuh dalam sebuah keluarga, tentunya kita tidak terhindar dari konflik yang terjadi di dalamnya. Entah itu dengan orang tua ataupun dengan saudara. Mulai dari masalah yang sepele hingga masalah yang krusial.

Masalah yang terjadi bisa berupa perselingkuhan orang tua, perbedaan pendapat orang tua dengan anak, bahkan hingga kekerasan dalam rumah tangga. Akhirnya, terjadi perceraian, tindakan hukum, hingga trauma pada anak.

Namun, masalah dalam keluarga tidak selalu berarti keluarga kita tidak harmonis. Tidak juga selalu berakhir dengan perpisahan. Beberapa perseteruan dalam keluarga bahkan membuat keluarga menjadi lebih dekat dan mengerti satu sama lain.

Rekomendasi Novel dengan Tema Keluarga

Kisah keluarga yang penuh drama dan haru bisa menjadi pilihan novel untuk kamu baca. Berikut rekomendasi 4 novel bertema keluarga versi GWP:

1. Bowl of Happiness – Sophie Maya

Kalau satu keluarga memiliki pekerjaan yang sama, biasanya kita juga dituntut untuk sama seperti mereka. Hal tersebut terjadi pada Helen yang hidup di keluarga yang semuanya berprofesi sebagai dokter. Orang tuanya pun mendidik Helen dengan keras untuk bisa mendapatkan nilai bagus dan menjadi dokter.

Padahal, ia memiliki mimpi untuk menjadi penyanyi. Menyanyi adalah sumber kebahagiaan Helen. Namun apa daya, ia harus mengikuti perintah Mamanya untuk bisa masuk SMA favorit. Usaha keras Helen pun ternyata belum bisa memenuhi ekspektasi Mamanya, nilai UN Helen tidak cukup untuk bisa masuk ke Hanningan International School.

Mamanya pun marah dan mengirimkannya ke SMA Sinar Bangsa di Semarang dengan harapan Helen bisa mendapat nilai bagus selama 1 tahun sekolah di sana sehingga bisa pindah ke Hanningan International School di tahun berikutnya.

Pada awalnya, Helen menuruti perintah Mama untuk menjadi juara 1 di sekolah. Namun, ia terdistraksi dari tujuannya sejak bertemu dengan Lulu, ketua Klub Mangkuk Kebahagiaan. Perempuan itu berpenampilan nyentrik dan pernah tidak naik kelas dua kali. Hal tersebut membuat Helen penasaran.

Ia pun mengikuti satu demi satu kegiatan yang diadakan klub tersebut. Ia merasa senang berada di dalam klub tersebut sampai lupa waktu untuk belajar sehingga performa akademik Helen kian menurun. Bagaimana reaksi Mamanya dengan hal ini? Apakah Helen tetap akan menuruti obsesi Mamanya?

Ikuti kelanjutan kisah Helen dalam memenuhi ekspektasi Mamanya di sini.

2. Haru No Sora – Laili Muttamimah

Kehilangan anggota keluarga tentunya menyedihkan, apalagi jika dengan cara yang mengenaskan. Sejak ibunya meninggal bunuh diri karena suaminya selingkuh, kehidupan Sora menjadi berubah drastis. Ayahnya menjadi seorang pemabuk, menghabiskan harta untuk hutang judi, dan bergonta-ganti wanita.

Sora akhirnya harus menjadi tulang punggung keluarga dengan bekerja sebagai pekerja seksual. Ia seakan memiliki 2 kehidupan di 2 waktu berbeda, menjadi siswa SMA di pagi hari dan bekerja keras di malam hari. Tidak ada yang tahu tentang kehidupan malamnya, kecuali Ken yang selalu mencarikannya pelanggan. 

Pekerjaan tersebut pun ternyata tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan sang Ayah karena uangnya habis untuk membayar utang-utang judi. Di sekolah, Sora adalah siswi yang tidak niat sekolah dan tukang bully. Ia memiliki geng bersama 2 temannya dan sering kali mengganggu siswi yang lain, salah satunya Airi. 

Semua berubah ketika Sora bertemu dengan Haru, anak baru di sekolahnya yang memberikan mantel birunya kepada Sora di suatu malam yang bersalju. Awalnya, Haru bersikap dingin pada Sora. Setelah sekian lama bertemu dan berbincang, Haru pun mengubah cara pandang Sora dalam melihat kehidupan dan mencari kebahagiaan.

Kira-kira bagaimana kelanjutan cerita Sora dalam menemukan arti kebahagiaan? Temukan jawabannya  di sini

3. A Week-long Journey – Altami ND

Sering kali, kita sebagai anak diberikan amanah untuk meneruskan apa yang telah dibangun oleh orang tua kita, mulai dari bisnis hingga citra keluarga. Begitu pula orang tua Lina yang memiliki peternakan memintanya untuk meneruskan bisnis yang telah mereka bangun.

Mereka pun memaksanya untuk kuliah di jurusan peternakan. Padahal, cita-cita Lina adalah menjadi penulis terkenal. Ia sangat suka menuliskan khayalan di dalam pikirannya ke dalam cerita-cerita. 

Suatu saat, Lina harus berangkat ke Hongkong menggantikan ayahnya yang sakit untuk menghadiri acara perusahaan selama seminggu. Lina pada awalnya tidak bergairah mengikuti tur, apalagi ia harus berbasa-basi dengan para mitra dan kompetitor bisnis ayahnya.

Namun, semuanya berubah ketika ia bertemu dengan Chen Zhang. Keduanya menjalin cerita cinta yang membuat perjalanan Lina menjadi menarik. Selain itu, ia juga bertemu dengan Dewi, salah satu peserta tur yang menyebalkan dan membenci Lina.

Selama satu minggu menjalani tur itu, Lina akhirnya menemukan rahasia tentang bisnis ayahnya dan sejarah keluarganya. Apakah hal ini membuat Lina berubah pikiran tentang mimpinya dan menjadi realistis?

Cerita Lina dalam menghadapi dilema antara mimpi dan keluarga bisa kamu baca di sini.

4. Happiness – Fakhrisina A

Di Indonesia, orang tua kerap menganggap hal-hal berbau sains dan eksakta lebih bagus daripada ilmu sosial dan seni. Apalagi, kalau mereka memiliki latar belakang guru matematika dan akuntan seperti orang tua Ceria. Ia tidak suka pelajaran eksakta apa pun, tetapi orang tuanya menuntut Ceria untuk unggul di bidang ini.

Bahkan, orang tuanya sering membanding-bandingkan Ceria dengan teman sekelas sekaligus tetangganya yang pintar matematika, Reina. Ketika Ceria mendapatkan nilai UN tertinggi di sekolahnya, orang tuanya bahkan tidak mengapresiasi dan selalu menyanjung Reina.Tidak ada yang mengertinya kecuali Farhan, abangnya.

Ceria pun berhasil menjadi mahasiswa jurusan matematika, tetapi ia tidak bahagia di sana. Setiap perkuliahan selesai, ia selalu merasa mual dan muntah. Nilai ujiannya pun hancur. 

Farhan yang mengetahui hal ini meminta Ceria untuk berhenti. Namun, jiwa kompetisi Ceria dengan Reina sudah mendarah daging. Ia merasa harus menaklukkan matematika dan mengalahkan Reina. Ia membenci Reina yang selalu dipuja orang tuanya dan menjadi pacar Farhan.

Ceria terus berusaha hingga suatu hal buruk terjadi. Kejadian tersebut menyadari Ceria bahwa ia harus berhenti sebelum semuanya menjadi lebih buruk lagi.

Kejadian apa itu? Apakah Ceria bisa bertahan dan menaklukkan matematika? Simak kelanjutannya di sini.

Yuk, Tulis Naskah Novelmu di GWP!

Ingin naskahmu dibaca ribuan orang dan editor-editor Gramedia? Tulis dan unggah naskahmu di GWP! Kamu juga bisa menemukan ribuan cerita dengan berbagai genre dan membacanya secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.