Novel bertema percintaan atau romance adalah salah satu yang paling digandrungi, baik itu percintaan remaja (teen romance) ataupun percintaan kantor (office romance). Kedua kisah romantis ini pun memiliki karakteristik uniknya tersendiri.

Biasanya, cerita teen romance menampilkan karakter anak SMA atau kuliah yang masih disibukkan dengan kegiatan belajar. Masalah yang timbul juga bukan hanya dari masalah hubungan percintaan sesama anak sekolahan, tapi  juga dari persahabatan, keluarga, hingga akademik. Plotnya dan dialognya biasanya sederhana dan mudah dimengerti.

Sedangkan untuk office romance, karakter yang ditampilkan adalah orang kantoran. Karena sudah bekerja, tentu masalah yang dihadapi berbeda dengan anak sekolahan, cenderung lebih kompleks. Selain itu, novel bertema office romance biasanya juga mengandung beberapa adegan dan dialog yang dianjurkan untuk dibaca oleh yang berumur 18 tahun ke atas.

Rekomendasi Novel dengan Tema Teen Romance

Ingin mengisi waktu membaca novel romantis sambil nostalgia masa SMA? Atau ingin mencari referensi untuk menulis novel reality fiction bertema cinta anak sekolahan? Simak 3 rekomendasi novel bertema teen romance dari GWP!

1. Almost 10 Years Ago – Trini

Ketika sebuah kecelakaan memakan nyawa keluarga, sering kali ada trauma tersendiri yang membekas di benak kita. Tidak terkecuali Anna Mollan. Sepuluh tahun lalu, keluarganya mengalami kecelakaan yang menyebabkan ibu dan kakaknya meninggal. Meskipun ayahnya selamat, kecelakaan tersebut berdampak pada kejiwaannya.

Peristiwa tersebut terjadi ketika Anna berusia 9 tahun saat musim panas. Momen yang seharusnya menyenangkan menjadi kelabu. Akibatnya, ia tidak percaya lagi dengan kebahagiaan, termasuk cinta. Ia tidak ingin memperparah drama kehidupannya dengan kedatangan seorang laki-laki, meskipun Nolan Vervain yang tidak pernah berhenti mencintainya dengan tulus.

Nolan adalah teman dari Ellie Mitchell, sahabat Anna yang selalu setia menemani. Ellie selalu mencoba untuk menyadarkan Anna bahwa Nolan benar-benar mencintainya. Namun, Anna selalu mengelak dan menganggap Nolan sebagai teman baiknya saja.

Sesungguhnya, perasaan yang menghantuinya adalah rasa takut. Ia takut kembali merasakan kehilangan. Lebih baik ia tidak mencintai orang lain daripada harus kehilangan orang yang ia cintai. Sampai kapan Anna akan terus seperti ini? Apakah ia akan menemukan kebahagiaan dan cinta?

Novel yang diterbitkan oleh Ice Cube, imprint Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) ini dipenuhi dengan kutipan atau quotes indah. Ikuti proses Anna dalam memaafkan dan menemukan kebahagiaan dengan membaca novelnya di sini.

2. 35 mm – Localpcy

Berkat sifat perfeksionisnya, Adelardian Muda Gautama (Ale) berhasil membangun creative agency sendiri, Lensproject, bersama ketiga temannya. Tentunya, ini adalah sebuah prestasi  menakjubkan bagi seorang mahasiswa tingkat 3 yang awalnya hanya ingin menjadikan Lensproject sebagai wadah hobi fotografi. Ia melakukannya dengan menjunjung tinggi profesionalitas sehingga banyak merek ternama yang percaya untuk memakai jasa mereka.

Salah satu client yang mempercayai mereka adalah Freudey, sebuah merek pakaian lokal baru dari Bandung. Mereka mempersiapkan seorang talent yang akan menjadi model untuk project ini, yaitu Erisha. Pada awalnya, pertemuan Ale dengan Erisha tidak memberikan kesan tertentu. Mereka hanya berinteraksi layaknya rekan kerja secara profesional.

Masalah mulai muncul pada pertemuan kedua mereka. Erisha merasa perilaku Ale bossy dan intoleran. Ia pun jadi sering kesal, padahal Erisha termasuk orang yang selalu ceria dan menjadi moodbooster bagi orang-orang di sekitarnya. 

Namun bagaikan sebuah noise kamera yang memudarkan bidikan lensa, kedatangan Erisha lama-lama mencairkan sifat Ale dan profesionalitasnya. Meskipun perasaan itu telah memenuhi pikiran dan hati Ale, jatuh cinta kepada Erisha menjadikannya orang ketiga. Apakah Ale akan mengambil risiko itu?

Kisah cinta mereka terangkum dalam novel yang diterbitkan oleh m&c! lewat imprint Penerbit Clover dan dapat kamu baca di sini.

3. Addicted – incainica

Wabah K-Pop tidak hanya menyerang kaum Hawa, tapi juga kaum Adam. Gangga salah satunya. Ia sangat tergila-gila dengan salah satu girl band Korea Selatan bernama Red Velvet. Pacar Gangga, Sara, sampai sering kesal akibat tingkah Gangga yang lebih mempedulikan sang idola daripada sang kekasih.

Selain menjadi K-Popers, Gangga pun memiliki passion di bidang konten. Bisa dibilang, subscribers-nya cukup banyak. Namun, Sara yang menomorsatukan pendidikan tidak mendukungnya dan selalu memaksanya untuk belajar dan berhenti membuat konten. Padahal, ia bisa membantu ibunya yang seorang single parent dengan pekerjaan sampingan ini.

Tidak sampai di situ, Damar si preman sekolah juga sering mengganggu Gangga karena dianggap kurang laki. Meski begitu, ternyata ada yang mendukung hobi dan passion Gangga. Dia adalah Gea, salah satu subscribers Gangga.

Segala masalah yang muncul di antara hubungan Sara dan Gangga membuat Sara geram. Ia pun membuat sebuah ultimatum yang membuat Gangga dilema: Red Velvet atau Sara. Kira-kira, siapa yang Gangga akan pilih?
Penasaran dengan jawaban Gangga? Simak kelanjutan cerita novel terbitan m&c! lewat imprint Penerbit Clover di sini.

Tuliskan Naskah Novelmu di Gramedia Writing Project!

Sudah mendapatkan inspirasi untuk menulis novel reality fiction? Langsung tuliskan naskahmu di GWP! Naskahmu akan dibaca oleh ribuan pengguna GWP. Serunya lagi, naskahmu juga bisa dibaca oleh editor Gramedia dan berkesempatan untuk diterbitkan, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published.