Oleh: Annisa Ardiani, Content Writer Rekata

Menerbitkan novel di zaman sekarang pastinya jauh lebih mudah dan lebih murah daripada dulu. Kita tidak perlu lagi boros kertas dan uang karena harus mencetak naskah kita untuk tiap penerbit. Sekarang, kita bisa mengirimkannya dengan cara digital.

Selain mengirimkan langsung ke penerbit, ekosistem digital juga memudahkan penerbit untuk menemukan bibit-bibit calon penulis novel melalui berbagai platform menulis online. Jangan salah, tulisan-tulisan kita di internet yang mungkin berawal dari sebuah keisengan bisa berbuah cuan!

Salah satu platform yang bisa kamu coba gunakan adalah Gramedia Writing Project (GWP). Setiap tahunnya, GWP mengadakan kompetisi menulis The Writer’s Show (TWS) untuk mencari bakat-bakat penulis novel fiksi di internet. Para pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan naskahnya menjadi novel melalui 7 penerbit Gramedia, yaitu Gramedia Pustaka Utama (GPU), Elex Media Komputindo, Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo), Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), Bhuana Ilmu Populer (BIP), m&c!, dan Penerbit Buku Kompas.

Selain penerbit novel, para pembuat film juga mencari cerita-cerita menarik yang bisa diangkat menjadi film atau web series. Platform yang tersedia untuk mewadahi talenta penulis naskah film juga sudah tersedia. Namun, bagaimana kalau kamu bisa mendapatkan dua kesempatan sekaligus?

Ada yang Beda di TWS 2021, Semakin Bikin Semangat Nulis!

Ada yang spesial di TWS tahun ini! Selain berkesempatan untuk menerbitkan novel, kamu juga berkesempatan untuk terpilih menjadi naskah first option yang dijadikan film atau web series oleh Sinemart. Menarik banget, kan?

Naskah pilihan merupakan hasil seleksi dari tim Sinemart langsung bersama redaksinya. Penilaiannya akan berbeda dengan penilaian untuk menjadi pemenang TWS 2021. Kalau kamu belum berkesempatan menerbitkan novel, kamu masih punya kesempatan untuk mengangkat naskahmu menjadi film atau web series.

Kesempatan emas ini tentunya jadi ajang buat para penulis untuk bisa membuat cerita semenarik mungkin, hanya dengan melewati prosedur kompetisi di TWS 2021. Jadi dengan menulis di platform GWP dan mengikuti TWS 2021, kamu bisa mendapatkan kesempatan menerbitkan novel dan mengangkat naskahmu menjadi film atau web series!

Sinemart, PH Legendaris Film dan Sinetron Indonesia

Bagi pecinta film dan sinetron Indonesia, pasti sudah tidak asing dengan Sinemart. Sinemart adalah sebuah production house (PH) dari Indonesia di bawah naungan Surya Citra Media. Beragam film dan sinetron sudah mereka produksi. “Ketika Cinta Bertasbih”, “Mendadak Dangdut”, dan “Mengejar Matahari” adalah beberapa film mereka yang meraih penghargaan bergengsi.

Sekarang ini, Sinemart juga merambah ke web series seiring berkembangnya platform streaming online. Beberapa web series Sinemart yang bisa kamu saksikan di Vidio.com adalah “Girls in the City”, “Omen”, dan “Love is (Not) Blind”.

Melalui TWS 2021, Sinemart bekerja sama dengan GWP untuk mencari cerita menarik yang bisa diangkat menjadi film ataupun web series. Harapannya, para talenta muda Indonesia semakin semangat untuk bisa berkompetisi dan berkreasi melalui penulisan cerita fiksi.

Raih Kesempatan untuk Mengadaptasi Novel Menjadi Film oleh Sinemart dengan Ikut Kompetisi TWS 2021!

Tunggu apalagi? Langsung daftarkan dirimu ke gwp.id dan mulai tulis naskahmu! Pendaftarannya diperpanjang sampai tanggal 31 Juli 2021. Jadi, masih ada kesempatan untuk kamu menyiapkan naskah terbaikmu!

Syarat dan ketentuannya bisa kamu cek di Instagram @gwp.id atau di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.