Menyudahi hubungan dengan kekasih biasanya membawa kesan buruk tersendiri, terutama jika berpisahnya tidak baik-baik. Sebisa mungkin, kita tidak bertemu lagi dengan mantan kekasih. Namun, kita tidak selalu bisa mengendalikan semuanya semuanya. Apalagi, kalau satu kantor dengan mantan kekasih.

Pastinya, kita tidak mau hal ini memengaruhi kinerja kita menjadi buruk. Belum lagi, kalau rekan-rekan kerja lain tahu dan kita diejek atau dicengin dengan mantan kekasih. Hari-hari kita di kantor akan dihujani dengan pertanyaan-pertanyaan tentang hubunganmu dengannya. Tentu, akan sangat mengganggu.

Tips agar Tetap Profesional Meski Sekantor dengan Mantan Kekasih

Kalau kamu punya masalah seperti ini, jangan khawatir! Ada 5 tips untuk menjaga profesionalitas dan kinerja kamu di kantor meski berinteraksi dengan mantan kekasih.

1. Batasi frekuensi pertemuan dan interaksi

Cara yang paling mudah untuk menjaga profesionalitas dengan mantan kekasih adalah dengan membatasi frekuensi pertemuan dan interaksi dengannya. Apalagi, kalau kamu belum move on dari si dia. Namun, jika kamu terpaksa untuk sering bertemu dengannya, jangan menghindar dan cobalah bersikap netral.

2. Perlakukan dia sama dengan rekan kerja lain

Meski awalnya canggung, kamu bisa coba untuk memperlakukan dia seperti layaknya rekan kerjamu yang lain. Jangan terlalu dekat dengannya tetapi jangan juga menjauhinya. Jika harus berbincang, hindari perbincangan yang menjurus ke ranah personal.

3. Jangan biarkan berita menyebar

Kalau kamu tidak suka dicengin dan rekan kerjamu belum tahu tentang sejarah hubunganmu dengannya, usahakan kisah cintamu tidak menyebar. Dengan begitu, rekan kerjamu juga tidak canggung jika bekerja atau berkumpul dengan kalian berdua.

4. Menyibukkan diri dengan pekerjaan

Sibukkan dirimu dengan pekerjaan hingga kamu tidak sempat untuk galau ataupun memikirkan dirinya. Selain pikiranmu akan teralihkan dengan pekerjaan, kamu bisa meningkatkan fokusmu sehingga kinerjamu akan terjaga atau bahkan meningkat.

5. Bicarakan masalah ini dengan dia di luar kantor

Jika berbagai cara sudah dilakukan dan tetap sulit untuk menjaga profesionalitas, bicarakan hal ini dengannya. Sepakati batasan-batasan yang perlu dijaga agar kalian berdua tetap bisa bekerja dengan tenang dan profesional.

Pengalaman Isabella Menghadapi Mantan Kekasih di Kantor

Kamu bukan satu-satunya orang yang mengalami hal ini. Isabella juga mengalaminya dalam novel “Asmaraloka” karya Arata Kim. Parahnya lagi, Isabella tidak bisa menghindar karena mantan kekasihnya kini adalah manajernya. Artinya, Isabella harus bertemu Ethan setiap hari.

Untungnya, Isabella tidak pernah menceritakan hal ini ke rekan-rekan kerjanya. Yang mereka tahu, Isabella tidak pernah pacaran seumur hidupnya. Bagi Isabella, dicengin tidak pernah pacaran jauh lebih baik daripada karena sekantor dengan mantan kekasih.

Namun ternyata, interaksi mereka tidak hanya terjadi di kantor. Ada kejadian-kejadian di luar kantor yang memaksa mereka untuk saling bertemu. Tentunya, kenangan-kenangan tentang hubungan mereka membuat interaksi mereka canggung. Lama-kelamaan, rahasia yang selama ini menjadi penyebab putusnya hubungan mereka terungkap. Bagaimana reaksi Isabella atas kejadian ini?

Penulis dari novel ini, Arata Kim, adalah salah satu pemenang dari The Writers’ Show 2020. Setelah menjadi pemenang, Arata Kim berkesempatan untuk menerbitkan naskahnya menjadi novel bersama Gramedia Pustaka Utama. Kamu bisa beli novel “Asmaraloka” di sini.

The Writers’ Show (TWS) adalah kompetisi menulis novel, kumpulan cerpen, dan kumpulan puisi yang pesertanya dipilih melalui seleksi naskah yang dikirimkan. Para peserta yang terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk mentoring bersama editor profesional penerbit Gramedia Group. Jika memenangkan kompetisi, naskah peserta akan diterbitkan oleh penerbit Gramedia Group secara cetak dan digital.

Ketinggalan TWS tahun lalu? Tenang saja, TWS akan kembali lagi di tahun 2021. Ikuti terus Instagram @gwp.id untuk tahu detail selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.