Oleh: Annisa Ardiani, Content Writer Rekata

Memiliki bos yang otoriter adalah sebuah mimpi buruk bagi kebanyakan pegawai. Sikap dingin dan keras membuat siapapun yang menghadapinya menjadi segan. Belum lagi kalau tidak mencapai target yang ditentukan, kita harus siap-siap jadi bahan amukan.

Tentunya, kita tidak bisa memilih tipe bos seperti apa yang akan kita dapatkan di kantor. Kalau nasib kamu kurang beruntung, kamu perlu melakukan beberapa cara khusus untuk bisa menghadapi sang bos.

5 Cara Menghadapi Bos Otoriter

Meski tidak bisa diterapkan kepada semua bos yang otoriter, 5 cara ini umumnya bisa membuat kita bertahan dengan sikapnya. Simak selengkapnya, ya!

  1. Kenali bos kamu dan apa yang ia nilai baik

Pada umumnya, bos yang otoriter adalah bos yang suka mengatur segalanya dan jarang memberikan kesempatan bagi pegawainya untuk bersuara. Untuk bisa menghadapinya, kamu harus mengenali bos kamu dan apa yang ia nilai baik.

Misalnya, kamu tahu si bos akan marah ketika presentasi bertele-tele dan tidak menggunakan grafik. Kamu pun bisa menghindarinya dengan melakukan presentasi yang ringkas dan menggunakan grafik yang mudah dibaca.

  1. Kalau kena marah, jangan diambil hati

Punya bos yang otoriter cenderung membuat kita sering dimarahi, seakan-akan segala hal yang kita lakukan selalu salah. Karena pasti kena marah, jangan diambil hati, ya! Cara penyampaiannya memang bikin sakit hati, tetapi kamu harus bisa jaga emosi.

Daripada fokus dengan cara penyampaiannya, coba fokus pada pesan yang ingin disampaikan. Dengan begitu, kamu bisa lebih siap dalam menghadapi sang bos dan bisa tetap menangkap pesannya dengan baik.

  1. Tetap bersikap ramah meski dihujani ceramah

Punya bos yang otoriter pasti bikin kita sering ngedumel. Meski sering bikin hati panas, jangan sampai bikin kamu jadi jutek ketika berhadapan dengan sang bos. Yang ada, nanti kamu malah semakin diceramahi.

Sebaiknya, kamu tetap ramah kepadanya apapun yang terjadi. Selain untuk menghindari amarahnya, kita sebagai pegawai juga harus tetap hormat kepada si bos. Tetap pasang senyum terbaikmu dan tahan amarahmu, ya!

  1. Tunjukkan prestasi kerja dan bersikap profesional

Bukan hanya bos yang otoriter saja, setiap bos pasti senang jika para bawahannya bekerja dengan baik dan berprestasi. Seorang bos yang otoriter biasanya menjadikan prestasi kerja sebagai salah satu yang paling dilihat.

Karena itu, kamu bisa coba untuk bekerja sebaik mungkin dan menorehkan prestasi. Dijamin, kamu akan dianggap kompeten dan bisa dipercaya. Kamu pun juga jadi bisa punya kesempatan untuk didengar oleh si bos yang otoriter.

  1. Sentuh hatinya dengan memberikan hadiah

Sekeras-kerasnya manusia, pasti memiliki sisi lembut yang bisa kita sentuh. Salah satu caranya adalah dengan memberikan hadiah di momen-momen istimewa, seperti ulang tahun atau sekadar ucapan terima kasih.

Dengan begitu, bosmu yang biasanya galak akan lebih melunak. Selain itu, kamu akan dinilai sebagai pegawai yang perhatian. Si bos juga bakal lebih mendengarkan kamu, deh!

Rasanya Punya Bos Mas Menteri yang Sikapnya Seperti Monster

Kata siapa bekerja di pemerintahan lebih santai daripada di startup? Semua itu terpatahkan, apalagi kalau bosnya seperti Aldrich. Niat Kalita untuk bekerja di kementerian demi mendapatkan kehidupan pekerjaan yang lebih santai terhalang oleh hadirnya mantan bos saat ia bekerja di AllYouNeed dulu.

Karena sudah pernah bekerja di bawah Aldrich, Kalita tahu betul bagaimana etos kerja Aldrich. Segalanya harus sempurna dan efisien. Bahkan, Aldrich sampai memindahkan kamar tidurnya ke ruang kerjanya di Kementerian Penerangan Informasi agar tidak perlu menghabiskan waktu di jalan.

Akankan Kalita bisa bertahan menghadapi Aldrich untuk yang kedua kalinya?

Novel ini adalah karya dari Aya Widjaja, salah satu pemenang TWS 2020 yang mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan novelnya melalui salah satu penerbit Gramedia, yaitu Penerbit KPG. Penasaran dengan kelanjutan cerita Kalita? Novel “Monster Minister” bisa kamu beli melalui pre-order, cek detailnya di Instagram @gwp_id!

Yuk, Daftarkan Dirimu di TWS 2021!

Mau novel kamu diterbitkan oleh penerbit Gramedia? Ikutan TWS 2021, yuk! TWS adalah sebuah kompetisi menulis naskah novel di platform gwp.id. Peserta yang lolos akan berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan langsung dari penerbit Gramedia dan pemenangnya akan berkesempatan untuk menerbitkan novelnya.

GWP semdoro adalah adalah platform menulis secara online yang didukung oleh 7 penerbit Gramedia. Para penerbit secara rutin akan mencari karya-karya yang akan mereka terbitkan. Ini akan menjadi kesempatan kamu untuk menerbitkan karyamu menjadi novel, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published.