Menulis cerita adalah salah satu hobi yang kerap dimiliki masyarakat Indonesia, bahkan sejak duduk di bangku sekolah. Selain sebagai hobi, aktivitas ini juga sering dijadikan sebagai terapi untuk menumpahkan segala perasaan dan pemikiran.

Jika memiliki tulisan yang bagus, menulis cerita pun tidak hanya bisa menjadi sebuah hobi, tetapi juga sebagai sebuah karier yang menjanjikan. Contohnya, menjadi seorang penulis novel.

Belajar Menulis Cerita Bersama Gramedia Writing Project

GWP atau Gramedia Writing Project adalah sebuah wadah untuk komunitas penulis online yang diinisiasi oleh Rekata, bagian dari Kompas Gramedia. Wadah ini terbuka untuk siapa saja yang ingin mengunggah tulisannya secara daring di www.gwp.id.

Selain dapat mengunggah naskah, anggota GWP juga bisa membaca naskah sesama anggota serta saling memberikan apresiasi dalam bentuk like maupun komentar.

Yang menariknya, para penulis juga berkesempatan untuk menerbitkan hasil karya tulisnya, baik dalam bentuk cetak maupun digital (e-book) melalui penerbit-penerbit Gramedia.

Dalam rangka untuk memberikan edukasi tentang menulis cerita kepada siswa-siswi sekolah menengah, GWP menyelenggarakan Belajar Bersama GWP di mana mereka bisa belajar menulis langsung dari ahlinya.

Salah satu program Belajar Bersama GWP diselenggarakan bersama sastrawan Seno Gumira Ajidarma secara virtual lewat zoom pada 8 Januari 2021.

Selain itu, GWP bekerja sama dengan SMP Don Bosco II Jakarta melaksanakan workshop menulis cerita bersama Aghnia Sofyan, salah satu penulis dan Pemenang The Writer’s Show GWP 2020.

Melalui virtual workshop ini, kreativitas para siswa dalam menulis diasah dengan dampingan pembicara yang berkecimpung di dunia kepenulisan. Workshop ini dilakukan secara interaktif sehingga para siswa mendapatkan pengalaman belajar yang mendalam.

Pada sesi bersama SMP Don Bosco II Jakarta, para siswa belajar bagaimana cara menentukan motivasi menulis, memilih tema yang tepat, serta menentukan tokoh dan sudut pandang.

Setelah itu, para siswa belajar bagaimana membuat alur cerita yang jelas dan judul yang menarik. Mereka juga belajar tentang tata bahasa yang baik dan benar dalam menulis cerita.

Baca juga: Novel Terbaik Berlatarkan Kisah Kelam Sejarah Indonesia

Program Belajar Bersama GWP ini rencananya akan terus diadakan dan terbuka bagi sekolah-sekolah yang ingin bekerja sama untuk memberikan fasilitas belajar menulis bagi siswa-siswinya.

Untuk siswa-siswi SMA, karya cerita yang dibuat dalam program ini dapat diunggah di GWP dan dilombakan, lho!

Daftarkan Sekolahmu di Belajar Bersama GWP!

Ingin sekolahmu didatangi oleh GWP? Daftarkan sekolahmu melalui e-mail ke event@rekata.co atau melalui mampir ke situs www.gwp.id untuk membaca, mengunggah naskah, dan mendapat informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *