Oleh: Annisa Ardiani, Content Writer Rekata

Novel-novel reality fiction seperti “The Fault in Our Stars” termasuk novel international best sellers. Hal ini menunjukkan bahwa novel-novel genre ini gemar dibaca, termasuk oleh remaja. Kira-kira, mengapa mereka suka membaca novel genre reality fiction? Simak artikel ini lebih lanjut untuk tahu alasannya!

5 Alasan Remaja Suka Baca Novel Reality Fiction

1. Mereka butuh solusi atas masalah mereka

Novel reality fiction menggambarkan kehidupan realistis yang bisa saja terjadi di dunia nyata. Tokoh dari cerita menghadapi masalah dan di akhir cerita ia menemukan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Dengan membaca cerita reality fiction, mereka bisa mendapatkan referensi terkait solusi atas masalah yang mereka hadapi. Mereka bisa mencontoh apa yang tokoh dalam novel tersebut lakukan untuk menyelesaikan masalahnya.

2. Mereka ingin merasakan kehidupan yang berbeda

Mungkin dari kita semua pernah berandai-andai “Bagaimana ya, rasanya jadi orang kaya?” atau “Bagaimana ya, rasanya menjadi orang terkenal?”. Dengan membaca reality fiction, pembaca bisa mengeksplorasi kehidupan orang lain melalui cerita.

Kalau ceritanya bagus, pembaca bisa seakan-akan ia hidup di dalam tokoh tersebut dan merasakan kehidupan tokoh itu secara langsung. Pengalaman seperti ini yang menjadi daya tarik bagi remaja untuk membaca novel reality fiction.

3. Mereka merasa drama yang nyata lebih menarik daripada fiksi

Tentunya, segala hal yang membuat kita merasa “gue banget” itu lebih menarik daripada sesuatu yang asing. Drama yang ditampilkan dalam novel reality fiction mempunyai kesan tersebut, tidak seperti novel fantasi.

Karena itu, para remaja suka membaca novel reality fiction karena mengandung drama yang nyata sehingga lebih menarik bagi mereka. Mereka pun bisa mengaitkan ceritanya dengan kehidupan mereka, misalkan tentang masalah percintaan maupun keluarga.

4. Mereka butuh kritik dalam masa peralihan fisik dan psikis

Dalam masa peralihan fisik dan psikis atau pubertas, remaja sering kali merasa tidak percaya diri dan canggung. Padahal, hal tersebut adalah normal bagi remaja. Novel reality fiction bisa membantu mereka untuk memberikan kritik yang membangun sehingga mereka bisa merasa “normal” dan menjadi percaya diri.

5. Mereka merasa tidak sendiri dalam menghadapi masalah hidup

Jika kita membaca cerita yang relate dengan masalah yang sedang kita hadapi, kita akan merasa mempunyai teman dan tidak sendirian. Pembaca akan juga menjadi kuat dalam menjalani masalah yang ia punya.

Tulis Naskah Reality Fiction Kamu di GWP!

Ingin naskah novel reality fiction kamu dibaca ribuan pembaca online? Tuliskan naskahmu di website www.gwp.id! Nantikan juga The Writer’s Show (TWS) di mana kamu berkesempatan untuk menerbitkan naskahmu dengan 7 penerbit Gramedia. Follow @gwp.id di Instagram biar nggak ketinggalan acaranya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.